Selasa, 10 Januari 2012

Roosting BSG 2011 Meraba Dalam Kegelapan



Roosting BSG 2011 meraba dalam kegelapan, seru Dani salah satu teman kami yang menyerukan Jargon dengan semangatnya. Pada tanggal 19–20 maret 2011 lalu Kelompok studi tentang Biospeleogi BSG (salah satu BSO di HIMABIO) mengadakan Roosting di Gua Semuluh dan Gua Seropan Wonosari Gunung Kidul. Acara ini bertujuan perekrutan anggota baru BSG (Biospeleology StudienGruppen FMIPA UNY) yang diikiti oleh 20 orang. Biospeleologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang organisme di kawasan Kars baik Eksokars maupun Endokars, Jika kita memasuki kawasan gua umumnya ada 4 zona yaitu zona terang, zona peralihan, zona gelap, zona gelap abadi. Salah satunya daerah Wonosari merupakan kawasan Kars dimana kawasan banyak terdapat Gua diantaranya Gua Semuluh  dan Gua Seropan, ketika kami masuk kedalam lorong Gua kami menjumpai fenomena deretan keindahan stalaktit yaitu batuan batuan karbonat yang mengalami karstifikasi, CO2 yang bereaksi dengan air hujan akan membentuk H2CO3 yang sifatnya sangat reaktif terhadap batu gamping (CaCO3). Kadar CO2 diudara jumlahnya sekitar 0,03% sedangkan didalam gua berkisar 0,1 % sampai 3,75% semakin beasar kearah dalam (IUCN, 1997), selain itu kami juga menjumpai beberapa jenis Serangga antara lain : Jangkrik Gua (Rapidopora), Serangga Gua (Amblipiki), Serangga Air, Kelelawar bahkan Katak, Molusca, Kepiting dan Jamur. Gua Seropan dimana Gua ini terdapat aliran sungai bawah tanah yang dimanfaatkan warga sekitar untuk keperluan sehari hari, aliran sungai Gua seropan ini mengalir hingga laut melalui bawah tanah. Saat kami menyusuri gua sampai di aliran sungai bawah tanah perasaan takjub, takut bercampur girang terheran heran menguasai pikiran, rasa lelah pun terbayar dengan menikmati keindahan yang ada di gua dan bermain air bersama setelah berjalan menyusuri aliran sungai. Istirahat sejenak bersama teman teman sambil mendengarkan sodara Dani dengan kerempongannya mengatakan “BSG 2011 meraba dalam kegelapan” tertawalah terbahak bahak kami sambil bermain air.
Menurut Abdu Rohman, salah satu peserta “acara Roosting sangat menarik dan asik, saya mendapatkan pengalaman baru tentang kawasan kars, ketika kita memasuki zona terang, zona peralihan, zona gelap, zona gelap abadi maka akan nampak sensasi lain didunia kegelapan dan tentunya banyak keindahan keindahan yang tersimpan dunia ini hingga tempat yang gelap sekali pun”. (Abdu Rohman)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar